Kamis, 23 Februari 2017

TUHANPUN BERPUASA

Oleh : Emha Ainun Nadjib

Sepatah kata :

Saya baru-baru ini kenal Cak Nun, masih bisa dibilang orang awamlah, belum banyak tau tentang Cak Nun, tahu karyanyapun masih yaaaa bisa dihitung jari, untuk pertama kalinya saya membaca karya Cak Nun yang berjudul 99 Untuk Tuhanku, baru juga baca awal, ngerti enggak pusing iya (sok soan sih), buku itu berisi tentang kumpulan sajak Cak Nun yang mungkin sedikit menyindir kehidupan manusia, itu yang sedikit bisa saya pahami.

Setelah itu saya berangkat lagi ke Gramedia, selalu bingung mau beli buku apa jika tak punya referensi. Aku lihat di bagian rak yang berisi karya Cak Nun semua, waaaah berasa ingin dibeli semua (hahaha), saya tertarik dengan judul Tuhanpun Berpuasa, dan setelah dibaca sekilas, lumayanlah kalimat perkalimatnya mudah dipahami, tak terlalu banyak kata ilmiahnya.

Untuk orang sepertiku masih banyak tanya di otak yang sepertinya gada isinya (tapi sukuri aja), kok bisa Tuhan berpuasa? Bagaimana caranya? Siapa yang tahu kalo Tuhan berpuasa? Tuhan berpuasa dari apa? Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lain yang masih menggumpal di kepala.

Akhirnya setelah dibeli, dibaca beberapa lamanya, aku paham Tuhan berpuasa dari apa. Dalam buku ini menceritakan makna-makna mulai dari puasa, proses puasanya sampai dengan Idul Fitri. Disini saya akan memaparkan beberapa tema dan subtema dari buku Tuhanpun Berpuasa, semoga bisa menjadi ilmu buat pembaca dan bisa menjadi referensi untuk diaplikasikan.

"Sampaikanlah walau satu ayat", hanya mengamalkan itu saja (hahaaa). Dan buat pembaca amalkanlah kata "Iqra" biar kita dapat double hadiah, pahala iya, ilmu pun iya (hehehe). Selamat membaca post selanjutnya tentang isi buku Cak Nun, karena membaca adalah sebuah perlawanan.^^

5 komentar:

  1. Halo,
    Perkenalkan, Nama saya Wenny
    Saya adalah development dari ForexMart, Kami melihat website anda dan kami ingin mendiskusikan kerjasama kemitraan dengan Anda. 
    Boleh saya minta kontaknya untuk menjelaskan lebih lanjut atau anda bisa langsung menghubungi saya ke wenny@forexmart.com, terimakasih

    BalasHapus